Ini Dia, 7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Desain rumah minimalis 3 kamar sangat populer di kalangan keluarga besar dengan jumlah penghuni lebih dari tiga.

Alasannya tentu saja karena rumah berdesain seperti ini sangat selaras dengan kebutuhan keluarga besar.

Rumah ini bisa menjadi hunian yang nyaman karena tersedia kamar pribadi untuk setiap anggota keluarga.

Konsep ini terbilang sangat umum, tetapi tetap menjadi favorit. Mengapa? Konsep minimalis biasanya berhasil memanfaatkan ruang yang ada tanpa perlu menambahkan elemen-elemen yang tidak perlu.

Trik Membangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Contoh Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Membangun rumah memang bukan pekerjaan yang mudah. Namun, Anda bisa meminimalkan pekerjaan dengan melakukan beberapa hal ketika membuat perencanaan pembangunannya.

Pertama, agar tidak terjadi over budgeting, Anda perlu berkonsultasi dengan ahlinya. Tentukan apakah Anda akan membangun rumah minimalis dengan 1 atau 2 lantai.

Anda juga perlu mencari inspirasi konsep rumah minimalis 3 kamar yang diinginkan. Kini, konsep minimalis sudah sangat beragam dan dapat Anda sesuaikan dengan keinginan.

Anda bisa mencari inspirasi konsep dengan melakukan survei langsung, dari media massa, atau bahkan dengan mengunjungi pameran properti.

Jika Anda ingin membuat desain rumah minimalis 2 lantai, tentukan juga bagaimana tata letak kamar tidurnya dan berapa jumlah kamar mandi yang akan dibuat.

Jangan lupa juga untuk memikirkan aksesibilitas dan fungsi setiap ruangan yang dimiliki agar hunian menjadi lebih nyaman.

Inspirasi Denah Rumah Minimalis 3 Kamar beserta Gambarnya

Sebagai referensi, di bawah ini ada beberapa contoh denah rumah minimalis 3 kamar beserta penjelasan singkatnya.

Tidak hanya terlihat sederhana tetapi tetap cantik, konsep minimalis pada denah-denah ini juga dapat disesuaikan dengan selera pemilik rumah. Langsung saja, yuk, simak uraiannya.

1. Kombinasi dengan Ruang Terbuka

Contoh Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Konsep terbaru dari rumah minimalis masa kini adalah adanya ruang terbuka. Anda bisa membuat ruang terbuka di antara ruang tamu dengan ruang keluarga atau ruang terbuka untuk dapur dan ruang makan.

Salah satu contohnya adalah dengan menempatkan dapur pada posisi paling belakang rumah dan menjadikannya sebagai ruang terbuka.

Mengapa dapur sangat cocok dijadikan sebagai ruang terbuka? Alasan yang paling umum adalah karena posisi dapur kebanyakan berada di bagian paling belakang rumah.

Selain itu, konsep dapur sebagai ruang terbuka juga sangat cocok jika berdampingan dengan taman belakang.

Ruang ini bisa dijadikan sebagai ruang berkumpul karena letaknya sangat dekat dengan tempat meletakkan makanan dan minuman sehingga mudah dijangkau.

2. Mengoptimalkan Ruangan dengan Lahan Terbatas

Contoh Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Konsep minimalis menjadi pilihan banyak orang karena dapat mengoptimalkan fungsi ruangan dengan baik.

Jika lahan terbatas tetapi Anda tetap ingin membuat rumah dengan 3 kamar tidur, tidak perlu khawatir, Anda cukup melakukan zonasi ruangan sesuai luas tanah yang dimiliki.

Pada bagian pertama, Anda bisa memulai dari bagian depan rumah dengan mengisinya sebagai ruang tamu, kamar tidur pertama, dan ruang makan.

Jika masih terdapat sisa lahan di samping ruang dapur, Anda bisa memanfaatkannya sebagai taman kecil yang juga menjadi akses menuju kamar tidur pertama.

Selanjutnya, petakan denah menjadi lorong kecil yang menjadi akses dapur, kamar mandi, dan 2 kamar tidur. Untuk kamar tidur utama, Anda bisa menambahkan kamar mandi dan balkon.

Sementara itu, kamar tidur terakhir berhadapan dengan kamar tidur utama.

3. Sederhana Tetapi Tetap Fungsional

Contoh Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Rumah dengan ukuran 7 x 10 juga sangat cocok dengan konsep minimalis. Anda bisa mendapatkan fungsi ruang yang cukup dan sesuai tanpa adanya tambahan yang berlebih.

Luas rumah ini dapat Anda manfaatkan untuk melengkapi hunian dengan sebuah garasi, teras, dan taman pada bagian depan rumah.

Selanjutnya, Anda tidak perlu memberi sekat untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Dengan cara ini, ruangan akan terasa lebih luas.

Sementara itu, Anda bisa menempatkan kamar tidur pertama dan kedua secara berhadapan di sisi kiri dan kamar tidur ketiga di sisi kanan, bersebelahan dengan ruang keluarga.

Tempatkan kamar mandi di antara kamar tidur pertama dan kedua. Jika masih terdapat sisa lahan, Anda bisa memanfaatkannya sebagai taman belakang atau area cuci dan jemur di bagian belakang rumah.

4. Kombinasi Ruang Pribadi

Contoh Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Untuk desain yang satu ini, selain mendapatkan tiga kamar, Anda juga bisa mendapatkan ruang pribadi untuk masing-masing kamar.

Di dalam setiap kamar terdapat sebuah kamar mandi dan ruang ganti khusus. Dengan konsep seperti ini, Anda bisa menempatkan kamar berderetan dengan menambahkan ruang untuk lorong akses.

Tempatkan kamar utama yang lebih luas di bagian paling ujung ruangan. Adapun di hadapan kamar ketiga terdapat kamar mandi dan ruang cuci yang bersebelahan dengan ruang kerja.

Hindari penggunaan sekat di antara ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Hal ini bertujuan untuk membuat rumah lebih luas karena adanya lorong akses menuju setiap kamar.

Untuk menampilkan desain rumah minimalis 3 kamar yang lebih asri, Anda bisa menyisakan ruang di sisi luar ketiga kamar untuk dijadikan sebagai taman dan balkon.

Berikan akses dari setiap kamar untuk menuju taman dan balkon tersebut.

5. Minimalis dengan Garasi dan Lahan Parkir

Contoh Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Meskipun bergaya minimalis, pada desain rumah minimalis 3 kamar ini, Anda tetap bisa mendapatkan garasi dan lahan parkir sekaligus.

Tempatkan garasi satu garis dengan lahan parkir yang menjadi akses utama dari luar. Lalu, Anda bisa menyeimbangkan dengan taman dan teras di sampingnya sebagai jalan masuk menuju ke dalam rumah.

Untuk garasinya sendiri, beri akses menuju ruang dalam rumah yang berdampingan dengan gudang, bersebelahan dengan dapur.

Masih berjalan dari dapur, Anda bisa membuat akses ke bagian luar halaman belakang yang menjadi area cuci dan jemur.

Jika ingin memiliki 1 musola dalam rumah, Anda bisa menempatkannya di antara kamar tidur anak pertama dan kamar tidur anak kedua. Biarkan ruang ibadah ini terbuka tanpa pintu.

6. Rumah Minimalis dengan Gaya Memanjang

Contoh Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Jika Anda memiliki lahan memanjang, tidak perlu bingung dan khawatir untuk memiliki rumah yang berkonsep minimalis.

Anda bisa mengatur tata letak setiap ruangan secara menyamping agar mendapatkan ruang dan fungsi yang tepat.

Dari bagian depan, Anda bisa membuat sedikit ruang menuju garasi yang tertutup.

Garasi ini memiliki panjang yang hampir sama dengan panjang total lahan yang dimiliki. Jangan lupa memberi akses pintu di dalam garasi untuk menuju ke bagian dalam rumah.

Masih pada bagian depan, buatlah teras memanjang sesuai lahan yang Anda miliki. Bagian pojok dapat dimanfaatkan untuk tempat bersantai.

Tidak jauh dari tangga teras, Anda bisa langsung memasuki ruang tamu yang minimalis tanpa sekat dengan ruang makan.

Sedikit bergeser ke kanan, tepat di sebelah ruang makan adalah dapur. Selain itu, Anda bisa membuat akses lorong untuk menuju ketiga kamar tidur dan juga sebuah kamar mandi.

Anda bisa memodifikasi desain rumah minimalis 3 kamar ini dengan menambahkan ruang kecil sebagai gudang penyimpanan.

7. Denah Rumah Minimalis Model L

Contoh Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Lahan berbentuk L memiliki area yang menguntungkan sekaligus merugikan. Salah sedikit saja dalam menempatkan sebuah ruang akan membuat rumah Anda menjadi sempit dan kurang beraturan.

Untuk lahan berbentuk L, Anda bisa membuat ruang tamu berada di bagian luar atau teras. Hal ini dapat menghemat fungsi ruang lain yang diharuskan berada di bagian dalam rumah.

Selanjutnya, satukan ruang keluarga, ruang makan, serta dapur dalam satu area tanpa perlu menggunakan sekat.

Ketika memasuki rumah, ruang keluarga menjadi yang pertama kali dilihat. Lalu, letakkan meja makan di belakang atau berdampingan dengan sofa.

Sementara itu, dapur ditempatkan di paling ujung ruang tersebut. Hindari penggunaan sekat agar Anda memiliki ruang yang lebih luas.

Pada ruang berikutnya, Anda baru bisa membaginya menjadi kamar mandi dan tiga kamar tidur.

Pada bagian dasar L ini, Anda bisa menempatkan tiga kamar tidur sejajar dengan kamar mandi di bagian antar ruang sebelumnya.

Dengan menggunakan desain rumah minimalis 3 kamar berbentuk L ini, Anda akan mendapatkan ruang dan fungsi ruang yang maksimal.

Contoh Desain Rumah Minimalis 3 Kamar Tampak Depan

Contoh Desain Rumah Minimalis 3 Kamar Tampak Depan

Pada dasarnya, rumah minimalis tidak terlalu membutuhkan corak atau nuansa yang terlalu ramai sebagai konsep interiornya.

Rumah minimalis cenderung menggunakan 2 sampai 3 warna sebagai kombinasi utama. Tak jarang, elemen alam juga menjadi kombinasi pelengkap untuk konsep ini.

Salah satu contohnya seperti tampak depan rumah minimalis di atas. Rumah tersebut menggunakan bentuk yang cenderung lebih sederhana, tetapi tetap tegas.

Sementara itu, untuk pilihan warnanya, digunakan warna abu-abu, putih dan sedikit sentuhan warna jingga.

Agar tidak monoton, diberikan elemen batu alam dalam satu garis linier yang tidak mencolok. Kombinasi seperti ini membuat desain rumah tampak lebih tegas, tetapi tetap elegan.

Berikan ruang di sebagai lahan parkir yang cukup untuk satu mobil dan motor, yang berdampingan dengan taman yang tidak terlalu besar.

Kisaran Harga atau Anggaran Dana untuk Rumah 3 Kamar

Contoh Desain Rumah Minimalis 3 Kamar Tampak Depan

Dana untuk membangun sebuah rumah pada umumnya akan dibagi menjadi dua jenis anggaran, yaitu biaya material dan biaya jasa.

Untuk biaya jasa, khususnya jasa tukang, biasanya dipatok sekitar Rp150.000 per hari. Biaya ini dikalikan dengan tiga tenaga tukang, yaitu menjadi Rp450.000 per hari.

Estimasi total biaya jasa tukang untuk satu bulan penuh adalah Rp13,5 juta.

Apabila ingin memanggil tukang khusus untuk memasang keramik, Anda juga perlu memperhatikan harga pasang keramik per meter untuk menghitung biaya tambahan yang dibutuhkan.

Untuk biaya materialnya, Anda perlu menghitungnya satu per satu. Misalnya, untuk harga keramik, saat ini angkanya bisa mencapai Rp40.000 per meter persegi untuk jenis keramik polos KW-A.

Secara keseluruhan, biasanya biaya material dapat mencapai Rp50 juta hingga Rp100 juta.

Estimasi tersebut tentu bisa jadi lebih tinggi atau rendah tergantung dari daerah dan desain rumah minimalis 3 kamar yang akan Anda bangun.

Tips Menata Ruangan untuk Rumah Minimalis

Tips Menata Ruangan untuk Rumah Minimalis

Pada dasarnya, menata ruangan minimalis sangat mudah dan sederhana. Hindari terlalu banyak menggunakan elemen dan menempatkan furnitur yang berlebihan.

Bahkan, Anda sebaiknya memilih untuk menggunakan furnitur yang serba guna.

Selain itu, hindari penggunaan pola-pola yang terlalu mencolok karena akan membuat ruangan lebih sesak.

Untuk menyiasatinya, gunakan kaca besar pada bagian ruang tamu atau ruang keluarga. Cara ini bisa membantu memberikan efek luas pada rumah Anda.

Terakhir, jika ingin lebih mudah, Anda bisa mencari-cari inspirasi atau konsultasikan dengan ahlinya untuk mendapatkan desain rumah minimalis 3 kamar yang lebih tepat dan nyaman.

Leave a Reply